Kumpulan Cerita Pendek Tentang Persahabatan SD, SMP, SMA, Bagus !

Content [Tampilkan]

Cerita Pendek  {Cerpen}


Pada kali ini sinau.rumahusahaku.com mau bagi bagi contoh cerita pendek, atau biasa dikenal dengan istilah cerpen.


kumpulan cerita pendek tentang persahabatan


Dalam menentukan sebuah unsur intrinsik ataupun ekstrinsik pada cerpen. maka diperlukan pengetahuan tentang unsur intrinsik dari cerpen tersebut, seperti di bawah ini:




  • Tema: merupakan gagasan utama yang menjadi sebuah dasar jalannya cerita pada cerpen.
  • Alur : adalah sebuah tahapan urutan jalannya cerita pendek. Mulai dari prolog, konflik, klimaks, dan akhir/penyelesaian.
  • Setting : Setting meliputi latar ataupun tempat, waktu dan suasanya yang tergambar pada cerita pendek.
  • Tokoh : Pelaku pada cerita pendek. Yang dimana setiap tokoh memiliki watak tersendiri.
  • Penokohan : sifat dari tokoh yang tercermin dari perilaku, sikap, ucapan, pikiran dan juga bagaimana cara pandangannya terhadap sesuatu hal dalam cerita.
  • Sudut Pandang : adalah cara pandang yang di deskripsikan oleh penulis dalam suatu kejadian yang terjadi didalamnya. 
  • Amanat : Penyampaian suatu pesan moral yang disisipkan oleh penulis dalam cerita pendek agar pembaca bisa menyerap pesan moral yang terkandung di cerpen tersebut.



contoh cerita pendek tentang persahabatan


Dengan kamu tahu unsur - unsur tersebut, maka kamu akan mampu untuk bisa menganalisa kumpulan cerita pendek persahabatan di bawah ini. Cerpen yang akan di jadikan contoh ini meliputi cerpen persahabatan dari SD, SMP, dan SMA, dan juga persahabatan dan percintaan, serta cerpen persahabatan di sekolah.


Cerpen Persahabatan Sejati SMA


Ketika aku beranjak ke kelas 3 SMA, kehidupanku semakin penuh dengan tantangan, ku jalani setiap hari bersama dengan tiga sahabat dekat ku yaitu Yoga, Rivan, Dan Della. Karena kita berempat memang sudah bersahabat semenjak kita kecil.

Ketika itu kami membuat sebuah surat perjanjian persahabatan yang di tulis dalam sobekan kertas dan kemudian dimasukkan kedalam sebuah botol, lalu botol tersebut di kubur dibawah pohon dekat rumah kami berempat. Dan kami berjanji akan membukanya ketika kami telah menerima hasil kelulusan.

Selanjutnya dari Cerpen Persahabatan SMA

Hari yang kami tunggu-tunggu pun telah tiba, kami pun menerima hasil ujian dan hasilnya kami berempat lulus semua. Dengan itu kami pun bergegas menuju pohon dimana kami mengubur botol - botol kami tersebut.

Kami membuka botol tersebut bersama - sama dan membaca tulisan yang pernah ditulis. Dan kertas tersebut bertuliskan " Kami telah berjanji untuk selalu bersama dan bersahabat selamanya".

Keesokan hari, Rivan mengajak kami berempat untuk merayakan kelulusan kita. Malamnya kita berempat pergi bersama menuju ke suatu tempat, yaitu puncak. Disana kita membuat melakukan camping bersama, dengan menikmati sunset dan sunrise bersama-sama, dan di saat inilah aku tidak bisa melupakan momen ini karena begitu indah. Hari itu sangatlah indah dan istimewa untuk kita berempat.

Minggu sore menjelang malam kami pun berkemas untuk melakukan perjalanan pulang, dengan mengendarai mobil.

Ketika perjalanan pulang entah mengapa perasaan ku berubah menjadi tidak enak dan gelisah.

"Perasaanku nggak enak banget ya?" Ucapku penuh kecemasan.

"Udahlah van, santai saja, kita nggak bakalan kenapa-kenapa" jawab yoga dengan santai.

Tidak lama setelah itu, hal yang dikhawatirkan ku terjadi.

"Rivan Awasss!! di depan ada jurang!" Teriak ku.

"Aaaaaaaaaaaa!!!"

Dyarrrr!!!. Mobil yang kami tumpangi masuk ke dalam jurang.

Aku tidak kuasa menahan air mata yang terus mengalir hingga tak sadarkan diri.

Perlahan ku buka mata ku sedikit demi sedikit dan aku melihat ibu berada disampingku.

"Vani.... kamu sudah sadar nak?" Tanya ibuku.

"Ibu.... aku dimana? Dimana teman-temanku ? Yoga, Della, dan Rivan bu ?

"Kamu di rumah sakit nak, kamu yang sabar ya, Yoga, dan Rivan tidak bisa tertolong di lokasi kecelakaan, sedangkan Della masih dalam keadaan koma karena cidera parah". Jawab ibu sambil menitihkan air mata.

Akupun terdiam mendengar ucapan ibu dan air mataku menetes tangis ku tak berhenti mendengarkan pernyataan ibu.

"Aku merasa sedih kehilangan sahabatku dengan begitu cepat, semua pergi meninggalkan ku". Batinku berkata.

2 hari berlalu, Della masih belum bangun dari koma nya, dan aku pun berkunjung ke makam mereka, aku berharap kami bisa menghabiskan waktu hingga tua. Tetapi takdir berkata lain. Aku berjanji akan selalu mengenang kalian.

Cerpen Persahabatan SMP


Tiga orang anak remaja yang sangat kompak di kelas, namanya Vindi, Rani, dan Dina. Mereka adalah tiga anak yang beranjak dewasa dan bersaing untuk mendapatkan nilai terbaik di sekolah.

Seluruh teman-temannya terutama yang sekelas dengan mereka, sangat menyukai dan senang berteman dengannya, selain pintar mereka juga memiliki jiwa sosial yang tinggi, tak heran mengapa teman - teman nya begitu menghormati nya.

Jika ada salah satu atau beberapa teman mereka yang bingung atau kurang paham tentang sebuah pelajaran mereka akan membantu, bahkan mereka sering mengajak untuk belajar bersama dan saling berbagi ilmu setelah bel pulang sekolah berbunyi.

Mereka juga aktif membantu para anak SMA yang mengajar anak-anak kurang mampu di daerahnya pada setiap hari libur atau sepulang sekolah jika tidak ada kegiatan.

Bu Ranti, selaku wali kelas mereka sangat terbantu dengan adanya mereka. Tidak hanya soal pelajaran saja yang mereka bantu, akan tetapi kreativitas anak-anak juga menjadi baik, karena Dina adalah seorang blogger dan juga youtuber yang suka membuat tutorial. Akhirnya karyanya mampu memotivasi anak - anak yang lain. Menurut Dina ilmu itu harus di bagi bukan disimpan.

Kompak ? Ya kelas mereka memang kompak. Setiap hari senin, selalu diumumkan kelas terbersih dan kelas mereka lah pemenangnya. Di sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di Desa Sendangadi yang bernama SMPN 2 Sidaraja, anak-anak selalu diberi peringkat per semesternya, untuk disaring berdasarkan nilai tertinggi, sehingga bagi anak yang pintar maka akan masuk ke kelas A.

Sampai mereka lulus SMP, persahabatan itu harus terus di jaga, apalagi Rani. Selalu menyempatkan setiap tahun untuk mengajak reunian. Sehingga persahabatan mereka terus terjaga karena komunikasi yang terus berjalan dan saling berbagi informasi antara satu dan lainnya. Benar - benar persahabatan sejati .

Cerita Persahabatan SD


Cerpen Singkat tentang Persahabatan di Sekolah

Judul cerpen : Persahabatan yang Dirusak


Namaku Resa, sekarang aku duduk dikelas 5 SD. aku dikelas 5A. Aku memiliki sahabat bernama Dinda, sekarang aku tidak sekelas lagi dengannya, tetapi aku masih semangat sekolah.

Aku juga memiliki kakak bernama Deska, dimana dia menjadi guru di sekolahku. Hari ini aku akan berangkat sekolah bersama kakakku itu.

Ketika telah tiba di sekolah, aku bergegas menuju kelas karena tidak sabar ingin menemui sahabatku Dinda dikelasnya. Aku tiba dikelas 5B dimana itu kelas Dinda, dan dia sudah berada di sana.

"Hai Dinda!" Aku mencoba menyapanya.

"Hai juga sa!" Jawab Dinda singkat.

Hatiku berkata "Dinda tak sepeti biasanya, ada apa ya... "

Saat itu aku mulai merasa bosan karena Dinda dengan sengaja bersikap cuek kepadaku, akhirnya aku pergi ke kelasku.

Tuuttt...tuuuttt......tuuuuuutt....... bel pun berbunyi dan aku bergegas lari ku untuk segera belajar.

Waktu berlalu dengan cepat dan tak terasa sudah masuk waktu istirahat kedua. Sekarang waktunya untuk sholat dhuhur, aku bersama Dinda tetapi dia tetap saja bersikap cuek dan acuh sehingga aku lebih baik menyendiri.

Setelah istirahat pertama, ada pengumuman bahwa sekolah di pulangkan lebih awal karena para guru akan mengadakan rapat. Akupun segera pulang.

Setelah sampai rumah, aku mengecek handphone ku. Saat aku buka BBM, terdapat sebuah pesan singkat dari teman sekelas Dinda bernama Cindy.

Cindy : "sa, mulai sekarang dan seterusnya, kamu nggak usah deket-deket dengan Dinda lagi!
Karena Dinda itu temen deketku.".

Aku : " Memangnya kenapa? Ya sudahlah aku mengalah saja...."

Chattingan ku tak dibalas lagi oleh Cindy

Akupun duduk merenung dan menangis di kamarku sembari berkata "Kenapa jadi seperti ini? Hiks...Hiks..." tangisku.

Cerpen SD memang terlihat dramatis dan sedikit terkesan alay, lebih tepatnya bukan alay, tapi polosnya pemikiran anak - anak tersebut. Tulisan cerpen diatas adalah tulisan asli seorang anak SD di sebuah situs.

cerita pendek tentang persahabatan


Nah itulah beberapa kumpulan tulisan cerpen / cerita pendek yang bisa dijadikan contoh, bacaan ataupun referensi.

Jangan lupa terus belajar ya ..


0 Comment

Post a Comment