Inilah Batas - Batas Wilayah Indonesia, Lengkap!

Content [Tampilkan]

Mengenal Batas Wilayah Negara Indonesia 


Negara Negara di dunia ini pasti meniliki yang namanya batas wilayah, kenapa demikian ? Karena itu harus sehingga menjadi tanda bahwa wilayah ini lah yang masuk negaranya dan wilayaj ini bukan atau udah masuk negara lain.


sebutkan batas batas wilayah indonesia



Apa bentuk tanda untuk pembatas wilayah ini  ? Tandanya bermacam - macam di antaranya gapura besar, tugu, sungai, laut, pagar, pasak, dan lainnya.

Dan tahukah kamu bahwa indonesia ini adalah negara maritim atau sepertiga bagiannya adalah lautan.



Garis pantai yang dimiliki indonesia sekitar 81.900 Km, karena itu Indonesia memiliki batas maritim (laut), selain batas maritim, indonesia juga memiliki batas darat (kontinen).

Dimana batas lautnya terhubung dengan 10 negara dan batas daratannya terhubung dengan 3 negara.

Dengan melihat geografis, Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain benua Indonesia juga di apit 2 samudra yaitu samudra Hindia dan Pasifik.

Jadi ketika dibuat sebuah garis, maka akan membentuk garis silang, garis tersebut biasanya disebut dengan "posisi silang". Akibat dari posisi ini Negara Indonesia menjadi tempat persimbangan lalu lintas dunia baik darat, laut, maupun udara.

Dimanakah batas batas wilayah negara Indonesia ini ?

diantaranya ada di :


  • Batas wilayah negara Indonesia bagian Utara
  • Batas wilayah negara Indonesia bagian Timur
  • Batas wilayah negara Indonesia bagian Selatan
  • Batas wilayah negara Indonesia bagian Barat

Berikut ini adalah batas wilayah indonesia secara letak geografis

Batas-batas wilayah di indonesia ini berbagai macam dengan negara tetangga nya. Batas wilayah ini mencakup laut, dan darat. berikut ini kami rangkumkan batas-batas wilayah negara indonesia dari berbagai arah mata angin:


1. Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Utara


Batas wilayah Indonesia bagian utara


Utara, maka hal ini berkaitan dengan pulau kalimantan yang berada di utara.

Di pulau kalimantan berbatasan dengan negeri jiran atau lebih di kenal dengan malaysia ( bagian timur) dan yang artinya Malaysia ini berbatasan dengan batas wilayah darat Indonesia.

Sedangkan untuk batas lautnya Indonesia mencakup 5 negara yaitu : Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Philipina.


2. Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur



Batas wilayah Indonesia bagian timur


Bagian timur indonesia adalah tidak lain pulau Papua. Di wilayah timur ini Papua berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini dan perairan Samudra pasifik.

Agar Indonesia dan Papua Nugini tidak terjadi kebingungan mana batas negaranya, maka kedua negara ini menyepakati hubungan bilateral tentang batas-batas wilayah darat maupun laut.

Dengan kesepakatan bilateral tersebut di hasilkan kesepakatan, bahwa wilayah Indonesia timur yaknj Provinsi Papua yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat : Provinsi Barat (Fly), Provinsi Sepik Barat ( Sandaun).


3. Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Selatan



Batas wilayah Indonesia bagian selatan


Lalu di bagian selatan Indonesia. Untuk batas darat Indonesia, maka indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste. Dan untuk batas lautnya, ada perairan Australia dan Samudra Hindia.

Sebenarnya wilayah Timor Leste ini pernah menjadi bagian wilayah Indonesia tepatnya pada tahun 1999 dengan nama Provinsi Timor Timur, Namun pada akhir tahun 1999 Timor Leste memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi negara sendiri.


4. Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Barat



Batas wilayah Indonesia bagian barat


Kemudian yang terakhir adalah batas di bagian barat, Indonesia berbatasan langsung dengan samudra hindia, dan juga perairan negara India.

Bagaimana dengan batas daratnya ?

Untuk wilayah barat ini Indonesia tidak memiliki batas wilayah bagian darat. Di karenakan berdasarkan letak geografis Indonesia berjarak jauh dengan daratan Negara India, Namun negara Indonesia dan India ini memilik batas wilayah berupa pulau. Di pulau tersebut terdapat titik tertentu di sekitar Samudra Hindia dan Laut Andaman.

Pulau yang di maksud adalah pulau Rondi di aceh dan Pulau Nicobar di India.

Kesimpulan :

Dari artikel di atas maka dapat disimpulkan bahwa negara Indonesia sebagai negara maritim lebih banyak memiliki batas laut dari pada batas darat.

Hal ini diperkuat dengan adanya 10 negara yang terhubung lansung dengan Indonesia secara Laut, dan hanya 3 yang terhubung dengan Indonesia secara darat.

Dan berdasarkan geografis nya indonesia memiliki batas sebagai berikut :

Bagian utara, negara Indonesia dibatasi oleh negara  : Malaysia, Singapura, Samudera Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.
Bagian barat, negara Indonesia dibatasi oleh  : Samudera Hindia dan negara India.
Bagian Selatan, negara Indonesia dibatasi juga oleh  : Samudera Hindia dan negara Timor Leste.
Bagian timur, negara Indonesia dibatasi oleh : negara Papua Nugini.


Nah bagaimana ? Jadi tahukan bagian dan batas - batas negara indonesia ? semoga bisa menjadikan kita sebagai bangsa Indonesia terpupuk untuk terus menjaga wilayah Indonesia ini.

Terimakasih.

0 Comment

Post a Comment