Pengertian Dari 10 Dasa Darma Pramuka

Content [Tampilkan]

Dasa Darma Pramuka


Dasa Darma Pramuka



Bagi kalian yang menggeluti dunia pramuka mungkin tidak asing lagi dengan kata dasa dharma ini, Dasa darma ini adalah sepuluh sikap yang harus ada pada seorang pramuka. Dasa darma ini dipelajari ketika tingkatan pramuka sudah mencapai penggalang hingga tingkat atas.

Menurut pengertian bahasa, Dasa Dharma berasal dari kata "Dasa" dan Darma". Dasa memiliki arti sepuluh kata dasa adalah asal kata dari bahasa jawa. Sedangkan untuk Darma ini merupakan bahasa sansekerta yang mempunyai arti "Kewajiban, Tugas Hidup, Aturan kebijakan, dan Kebenaran". Sehingga Dasa Darma adalah sepuluh kewajiban, kebijakan, dan aturan.



Perkembangan Dasa Darma


Dasa Darma telah mengalami perubahan berkali-kali. Sejak tahun 1961 Dasa Darma sudah mengalami perkembangan hingga sebanyak 5 kali, yaitu:


  • Dasa Darma sebagaimana lampiran keppres 238 Tahun 1961 digunakan pada tahun 1961 hingga 1966.
  • Dasa Darma hasil Mukeranpuda {Munas} pada Tahun 1966 dan di pakai pada tahun 1966 hingga 1974.
  • Dasa Darma Amanat MPP 1970 dan Munas 1974 digunakan pada tahun 1974 hingga 1978.
  • Dasa Darma hasil Munas 1978 yang digunakan pada tahun 1978 hingga 2009.
  • Dasa Darma hasil Munas 2009 yang digunakan pada tahun 2009 sampai sekarang.

Teks Dasa Darma Pramuka


Pada saat ini dasa sarma yang digunakan telah tercantum dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Tahun 2009 [ Keputusan Kwatir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 203 Tahun 2009]. Dan pada tahun 2012 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa [Munaslub] menegaskan Dasa Darma menjadi seperti berikut :


Dasa Darma, Pramuka Itu : 
Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. 
Cinta alam dan Kasih sayang sesama manusia. 
Patriot yang sopan dan Ksatria. 
Patuh dan suka bermusyawarah. 
Rela menolong dan tabah. 
Rajin, terampil dan gembira. 
Hemat, cermat dan bersahaja. 
Disiplin, berani dan setia. 
Bertanggung jawab dan dapat dipercaya. 
Suci dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan.


 Arti Bait Dasa Darma


Berikut ini adalah arti dari bait-bait dasa darma :


1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa

Yaitu menjalankan setiap perintah Tuhan serta meninggalkan segala hal yang telah dilarang-Nya,  berniat dan membaca doa setiap memulai ataupun mengakhiri kegiatan dalam keseharian, serta patuh terhadap kedua orang tua, menyayangi saudara, dan kerabat lainnya.

2. Cinta alam dan Kasih sayang sesama manusia

Yaitu mencintai kebersihan dengan cara menjaganya, dimanapun berada, Ikut dalam melestarikan alam baik flora ataupun fauna, dan salaing membantu fakir miskin, yatim piatu, orang tua jompo dan juga mengunjungi orang yang sakit.

3. Patriot yang sopan dan Ksatria

Belajar dengan semangat di sekolah, dirumah dan lainnya, berani mengakui kesalahan dan membenarkan suatu hal yang benar, dan juga menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda serta ikut dalam membela negara.

4. Patuh dan Suka bermusyawarah

Yaitu patuh terhadap perintah orang tua, guru, dan pembina dengan melakukan tugas sebaik mungkin. Tidak mengambil keputusan secara terburu-buru yang didapatkan tanpa jalur musyawarah mufakat setiap  musyawarah.

5. Rela menolong dan Tabah

Yaitu terus berusaha dengan menolong sesama pada saat masa sulit atu sedang dalam musibah tanpa diikuti rasa pamrih, tabah dalam mengalami berbagai kesulitan dengan tidak banyak mengeluh, dan tidak berputus asa. Serta bersedia menolong tanpa diminta

6. Rajin, Terampil dan Gembira

Yaitu contoh perilaku yang baik seperti tidak pernah membolos sekolah, hadir tepat waktu  di kegiatan apapun, dan memiliki jadwal keseharian sehingga termanage, serta dapat membuat berbagai macam hasta karya yang bisa bermanfaat untuk orang lain, dan selalu riang gembira dalam menjalani hari.

7. Hemat, Cermat dan Bersahaja

Yaitu membiasakan hidup sederhana dan tidak boros, tidak berlebihan dan hemat, rajin menabung dan melakukan perencanaan sebelum bertindak.

8. Disiplin, Berani dan Setia

Mendahulukan kewajiban daripada meminta hak dan juga berani dalam mengambil keputusan serta tidak membuat kecewa orang lain.

9. Bertanggung jawab dan Dapat dipercaya

Selalu memenuhi janji dan tidak mengingkarinya, amanah dalam menjalankan perintah, dan jujur terhadap orang lain dan diri sendiri sehingga memupuk rasa kepercayaan orang lain.

10. Suci dalam pikiran, Perkataan dan Perbuatan

Selalu memiliki pikiran positif dan menuangkan saran yang baik dengan cara terbaik juga, berhati-hati dalam berucap dan menjaga diri dalam tiap tindak tanduk perbuatan dan tidak melakukan sebuah perbuatan yang negatif dan menjerumuskan kedalam kesulitan.


Itulah mengenai Dasa Darma Pramuka yang perlu diketahui dan juga diamalkan. sehingga bisa menjadi seorang yang memiliki jati diri yang baik.

Semoga tidak hanya dihafalkan namun dipraktekan ya !

Jika merasa ada yang ingin menambahkan ataupun bertanya, bisa melalui kolom komentar yang telah tersedia. Terima Kasih.

0 Comment

Post a Comment