[Materi Lengkap] Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, Unsur Dan Contoh

Content [Tampilkan]
teks eksposisi

Teks Eksposisi


Apa sih itu teks eksposisi dan bagaimana ciri - ciri dari teks eksposisi tersebut ? 

Apabila kamu menjumpai sebuah teks atau bacaan yang didalamnya mengandung isi untuk mengajak atau ajakan terhadap seseorang, dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas, maka mungkin itulah teks eksposisi. Karena teks posisi ini isinya bisa menjawab 5 pertanyaan yaitu apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana.




Teks eksposisi ini tersusun oleh struktur penyusun Teks Editor/ Opini, yang dimana didalamnya mengandung 3 struktur yaitu pernyataan berupa pendapat [Tesis], Argumentasi, dan pernyataan atau yang menegaskan penegasan ulang pendapat [Reiteration].


Pengertian Teks Eksposisi


Teks Eksposisi merupakan sebuah teks yang didalamnya berisikan informasi dan sebuah pengetahuan yang dimuat dengan cara yang singkat dan padat.

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk menjelaskan sebuah informasi tertentu untuk bisa menambah ilmu kepada para pembacanya, dengan itu teks eksposisi ini membuat pembacanya akan mendapatkan sebuah pengetahuan baru secara rinci dari suatu hal maupun kejadian.

Struktur Teks Eksposisi


Berikut ini adalah 3 struktur penyusun teks eksposisi :

  • Pertanyaan Pendapat [Tesis]; bagian teks yang mengandung pernyataan pendapat [tesis] dari penulis. Atau biasa disebut dengan pembuka.
  • Argumentasi; sebuah bagian dari teks eksposisi yang berisikan alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  • Penegasan Ulang Pendapat [Reiteration]; adalah bagian yang berisi penegasan ulang pendapat oleh penulis.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi


  1. Gaya Informasi yang dimuat berisi ajakan
  2. Menjelaskan Informasi yang berhubungan dengan pengetahuan-pengetahuan
  3. Gaya teks yang menjawab pertanyaan Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, dan Bagaimana
  4. Berusaha untuk menjelaskan sesuatu
  5. Bahasa yang digunakan informatif
  6. Fakta digunakan untuk alat kontribusi
  7. Singkat, Padat, dan Jelas
  8. Fakta juga dibagai sebagai alat konkritasi
  9. Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  10. Tidak Memihak, yang artinya tidak ada paksaan dari penulis kepada pembaca
  11. Isi dari paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

Unsur Kebahasaan


Ciri dari kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi adalah sebagai berikut :

  • Teks eksposisi menggunakan pronomina; yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Menggunakan Konjungsi; Konjungsi dapat digunakan untuk teks eksposisi agar memperkuat argumentasi.
  • Menggunakan kata leksikal tertentu [Kata mengacu pada kamus]; Adalah kata yang mengacu [ada benda, baik nyata ataupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, dan pisau.

Jenis Jenis Teks Eksposisi


1. Teks Eksposisi Ilustrasi

Adanya penggambaran sederhana atau sebuah bentuk konkrit dari suatu idea. Menggunakan ilustrasi yang mempunyai kesamaan sifat. Dan adanya kata penghubung.

2. Teks Eksposisi Perbandingan

Menjelaskan sebuah ide ataupun gagasan di dalam kalimat utama dengan cara perbandingan.

3. Teks Eksposisi Proses

Berisikan sebuah panduan ataupun tata cara dalam pembuatan sesuatu.

4. Teks Eksposisi Berita

Memberikan Informasi dari suatu kejadian, sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

5. Teks Eksposisi Definisi

Berisikan pengertian dari sebuah objek.

6. Teks Eksposisi Analisis

Proses memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian, lalu melakukan pengembangan secara berurutan.

7. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks ini berisikan pertentangan antara suatu objek dan objek lainnya. Teks ini biasanya mengandung sebuah kata penghubung seperti "Akan Tetapi, Meskipun Begitu, Sebaliknya."


Contoh Teks Eksposisi Singkat


Berikut RumahUsahaku.com contohkan beberapa contoh singkat dari teks eksposisi dengan strukturnya, dengan Judul Menjaga Kebersihan Lingkungan Kost

Tesis:

Kebersihan lingkungan Kost adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan keadaan Kost yang nyaman dan tentram. Setiap Kost yang bersih akan membuat penghuninya merasakan kebersihan.

Tak jarang pula warga KOst melakukan kegiatan kerja bakti untuk meningkatkan empati warga Kost agar peduli akan kebersihan. Berbagai cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan Kost. Seperti membuang sampah pada tempatnya, Menyapu Lantai, Mengepel, dan Merapikan tempat tidur.

Argumentasi:

Di rumah biasanya dilakukan pembagian piket per harinya untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas seperti menyapu, membersihkan sampah.

Di hari jum'at sore semua warga kost melakukan kerja bakti membersihkan kost. Salah satu manfaatnya adalah membuat hubungan antara warga kost menjadi semakin akrab.

Penegasan Ulang:

Kebersihan lingkungan kost menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kost dan menjadi faktor penting demi meraih kenyamanan dan ketentraman sesama penghuni kost. Kebersihan lingkungan kost juga menjamin kesehatan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.


Demikian lah contoh penggunaan teks eksposisi, semoga bisa bermanfaat ya ...

0 Comment

Post a Comment