[Materi Lengkap] Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Struktur, Hingga Contoh

Content [Tampilkan]

apa itu teks deskripsi


Pembahasan Lengkap Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Contoh Dan Struktur


Teks Deksripsi


Pernah mendengar kata deskripsi ? Apa sih deskripsi itu ? 

Apabila pernah membaca sebuah bacaan ataupun teks yang menjelaskan informasi lengkap dengan keterkaitan pada topik yang di bahas di teks tersebut, maka itu adalah salah satu ciri dari teks deskripsi. Karena ciri-ciri dari teks deskripsi ini sangat menonjol.

Teks deskripsi ini sangat berguna bagi para penulis untuk menjelaskan suatu kejadian perkara, ataupun menjelaskan sebuah produk agar produk tersebut menjadi lebih mudah di pahami dan meningkatkan penjualan produk tersebut karena sudah ada yang menggambarkan.


Pengertian Teks Deskripsi


Teks Deskripsi adalah suatu paragraf yang dimana terdapat gagasan utama, dan gagasan utamanya di utarakan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat dan atau peristiwa yang sedang di jadikan topik kepada para pembaca. Dan membuat pembaca seolah olah merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan oleh bacaan tersebut.

Tujuan Teks Deskripsi


Teks deskripsi ini memiliki tujuan, tujuannya adalah agar pembaca teks deskripsi ini merasakan langsung apa yang sedang di jelaskan dalam teks bacaan tersebut. Seolah-olah pembaca mengalami kejadian di dalam teks tersebut.


Ciri-Ciri Teks Deskripsi


Bagaimana cara mengenali teks deskripsi ? Maka perhatikan ciri ciri ini untuk mengetahui bahwa teks tersebut adalah teks deskripsi.

Berikut adalah ciri-ciri dari teks deskripsi :

  • Adanya penggambaran pada suatu kejadian atau objek pada paragraf teks.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan dengan sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera.
  • Membuat Pembaca teks seolah-olah merasakan langsung apa yang di bahas pada bacaan tersebut.
  • Teks deskripsi menjelaskan ciri-ciri fisik objek, seperti ukuran, warna, bentuk ataupun ciri-ciri psikis pada suatu objek dengan rinci.


Struktur Teks Deskripsi 


Struktur penyusun teks deskripsi ini dibagi menjadi 3 bagian yang membuat teks deskripsi menjadi satu keutuhan. Berikut adalah 3 struktur teks deskripsi tersebut :


1. Identifikasi

Menjelaskan penentu identitas pada seseorang, atau benda, atau lainnya.

2. Klasifikasi

Ini adalah sebuah struktur teks deskripsi sebagai penyusun bersistem dalam kelompok dengan mengikuti kaidah ataupun standardisasi yang telah di tetapkan.

3. Deskripsi Bagian

Merupakan bagian pada teks yang berisikan penggambaran - penggambaran bagian didalam bacaan tersebut.


Jenis Teks Deskripsi 


Untuk jenis teks deskripsi ini dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu :

1. Teks paragraf deskripsi Subjektif 

Merupakan paragraf pada teks deskripsi yang penggambarkan objek nya menurut kesan yang dimiliki oleh penulis.

2. Teks paragraf Spatial 

Jika objek yang digambarkan hanyalah berupa tempat, benda ataupun ruang dan lainnya maka ini merupakan bentuk dari paragraf teks deskripsi Spatial.

3. Teks Paragraf Objektif

Kalimat paragraf yang menggambarkan objek dengan apa adanya, real seperti aslinya tanpa menambahkan opini atau lainnya oleh penulis.


Langkah - Langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi 


  • Tentukan Tema Teks Deskripsi yang akan dibahas
  • Buat tujuan teks tersebut dibuat
  • Mulailah dengan melakukan riset data dengan melakukan pengamatan langsung mengenai objek yang akan di buat deskripsi. Dan kemudian kumpulkan, 
  • Setelah terkumpul maka susunlah data-data tersebut menjadi sebuah kerangka karangan.
  • Kemudian buat kerangka karangan tersebut menjadi uraian teks deskripsi yang sesuai dengan tema pilihan


Kaidah Kebahasan Teks Deskripsi



Berikut adalah lampiran kaidah bahasan pada teks deskripsi :

  • Penggunaan kata benda sesuai dengan topik yang akan dibuat deskripsi. seperti : Rumah, Kantor, Teman Saya, Ibuku, dan lainnya.
  • Menggunakan kata yang berhubungan dengan kata benda. Seperti : Beliau adalah seorang Manager yang mengayomi, dan lainnya.
  • Memiliki kata sifat yang bersifat menggambarkan. Contohnya : Dua baju coklat, satu pegawai disiplin, dan lainnya.
  • Mengandung kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek. Contohnya yaitu ; Karyawan itu mengenakan dasi berwarna merah, dan lainnya.
  • Mengandung kata kerja yang bertujuan untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai subjek. Seperti : Saya pikir tupai terbang adalah hewan yang cerdas, saya yakin sepatu itu bagus, dan masih banyak lagi.
  • Adanya kata keterangan sebagai penyalur informasi tambahan mengenai objek. Seperti : Dengan cepat, di kantor, di sekolah, dan lainnya.
  • Terdapat bahasa kiasan yang berupa perumpamaan atau metafora. Seperti : Wajahnya bercahaya bagaikan rembulan, kulitnya lembut bagaikan benang sutra, dan lainnya.


Contoh Teks Deskripsi 


Berikut adalah contoh teks deskripsi dalam bahasa indonesia

Saya memiliki seekor tupai terbang bernama cocho. Bulunya berwarna coklat keabu-abuan, dengan coklat sebagai warna dominan. Cocho memiliki ekor yang lebat dan panjang. Sangat lucu sekali. Cocho sangat suka memakan kacang-kacangan. Saat merasa lapar, cocho akan melompat-lompat kesana kemari.


Berikut adalah contoh teks deskripsi dalam bahasa Inggris

I had a cat named Fluffy. His fur is white and brown, with white as predominant color. Fluffy really like to play a round and a lot of drinking. Fluffy love eat meal. When Fluffy is hungry, he will meow asking for food.

Yups, itulah cara penggunaan teks deskripsi. Bagaiamana ? Mudah di pahami kan ?

Yuk share artikel kami agar kami semakin semangat dalam berbagi manfaat. Terima Kasih

0 Comment

Post a Comment